Balikpapan – Panitera dan Sekretaris Pengadilan Negeri Balikpapan memberikan briefing pagi kepada seluruh petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Rabu, 16 Oktober 2024. Kegiatan ini dilaksanakan di ruang PTSP Pengadilan Negeri Balikpapan sebagai bentuk pembinaan dan peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.
Dalam arahannya, Panitera Pengadilan Negeri Balikpapan, Munir Hamid, S.H., M.H. menekankan pentingnya profesionalitas dan kesigapan petugas dalam melayani masyarakat. Beliau juga mengingatkan agar setiap petugas dapat memberikan informasi yang akurat, ramah, dan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
“Kita harus terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan di PTSP. Kepada masyarakat yang datang, kita wajib memberikan informasi yang jelas, pelayanan yang cepat, dan sikap yang penuh keramahan. Ini adalah bentuk tanggung jawab kita sebagai garda depan pelayanan di pengadilan,” ujar Panitera.

Sementara itu, Sekretaris Pengadilan Negeri Balikpapan, Syahruddin, S.E., mengingatkan pentingnya kedisiplinan dan sikap responsif petugas PTSP terhadap berbagai pertanyaan dan kebutuhan masyarakat yang datang. Beliau menambahkan bahwa setiap petugas harus memahami tata cara dan prosedur layanan agar dapat menjawab kebutuhan pengguna layanan pengadilan dengan tepat dan profesional.
Dalam briefing ini, Panitera dan Sekretaris juga menyoroti pentingnya menjaga lingkungan kerja yang bersih dan tertib untuk menciptakan suasana yang nyaman bagi masyarakat yang datang. Keduanya berharap agar seluruh petugas PTSP dapat mempertahankan etos kerja dan dedikasi mereka dalam memberikan layanan publik yang berkualitas, serta menerapkan prnsip 5R dalam pelayanannya.