PENGADILAN NEGERI BALIKPAPAN

Jl. Jend. Sudirman No. 788 - Balikpapan Telp. (0542) 762767 Fax. (0542) 761680 email : pn.balikpapan@yahoo.co.id

Waspadai Modus Penipuan Bermodus “Mengurus Perkara” di MA

 

 

 

Untuk Yakinkan Korban,  si Penipu Membuat Rekening Bank dengan Identitas Palsu  atas Nama Pejabat MA

Bukti kirim ke rekening dengan identias palsu atas nama pejabat  MA (kiri) dan dokumen informasi perkara palsu (kanan) yang digunakan untuk mengelabui korban. [foto: margi purwandani]

JAKARTA | (22/4) Panitera Mahkamah Agung, Soeroso Ono,  mengingatkan masyarakat agar tidak mempercayai oknum yang menawarkan bantuan “memenangkan” perkara di Mahkamah Agung. Soeroso memastikan  tawaran bantuan untuk mengurus perkara adalah modus penipuan yang menyasar para pihak yang sedang berperkara di MA. Untuk memuluskan aksinya, sang penipu mengaku panitera pengganti  yang menangani perkaranya. Bahkan tidak tanggung-tanggung, modus terakhir ini sang Penipu pun membuat rekening bank dengan identitas palsu atas nama panitera pengganti yang bersangkutan.

Soeroso menyampaikan hal tersebut Senin sore (21/04) di ruang kerjanya, setelah menerima laporan, Victor Togi Rumahorbo, salah seorang panitera pengganti yang namanya disalahgunakan. Sang penipu, kata Panitera, menghubungi pihak dalam perkara 643 PK/PDT/2013 dengan  mengaku panitera pengganti yang menangani perkara tersebut. Ia  berjanji  akan membantu untuk memenangkan perkara di MA.  Selanjutnya, sang penipu menghubungi kembali korban dan menyampaikan bahwa perkaranya telah diputus sesuai “keinginan”. Untuk meyakinkan korban, si Penipu memberikan selembar kertas  seolah dokumen resmi MA. Dalam “dokumen jadi-jadian” tersebut ada informasi mengenai identitas perkara dan amar putusan. Dibawah dokumen tersebut ada tanda-tangan  hakim ketua dan panitera pengganti dengan setempel di bagian tanda tangan ketua majelis.

 

 

 

Anda disini: Home TUPOKSI Waspadai Modus Penipuan Bermodus “Mengurus Perkara” di MA